This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

LAB Teknik Informatika

RATAM - RAmah TaMah "Sebuah kegiatan silahturahmi antar ASISTEN baru dengan ALUMNI, AT, STAFF, dan Asisten Lama.

UNIVERSITAS GUNADARMA

INI LOGO KAMPUS, Anda bisa kunjungi WEBSITE yang mengenai kampus pada menu diatas Gambar ini

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Rabu, 14 Oktober 2015

Perkembangan dan Kemajuan Bisnis dalam dunia IT

Rizky Herpurwadi
Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Gunadarma
ABSTRAK
Perkembangan teknologi informasi membawa perubahan yang besar dalam dunia bisnis. Dengan adanya internet bisnis dapat dilakukan kapan dan dimana saja. Keunggulan bisnis menggunakan internet adalah komunikasi global dan interaktif, menyediakan informasi dan pelayanan yang sesuai kebutuhan konsumen, dan meningkatkan kerja sama serta dapat membatu dalam pengembangan riset hasil pelayanan dan penjualan barang/ jasa. Electronic Commerce (e-commerce) adalah proses pembelian, penjualan atau pertukaran produk, jasa dan informasi melalui jaringan komputer. E-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya komersial tetapi juga mencakup mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan. Dengan adanya perdagangan elektronik (e-commerce) maka pelanggan dapat mengakses dan melakukan pesanan dari berbagai tempat.
Kata Kunci: Teknologi Informasi, E-Commerce, Bisnis, Internet
         
PENDAHULUAN
Dengan berkembangnya teknologi didalam bidang komputer dan telekomunikasi mendukung perkembangan teknologi internet. Dengan adanya internet membantu pelaku bisnis dalam memperoleh informasi apapun, untuk menunjang aktivitas bisnisnya, bahkan  sekarang  cenderung  dapat  diperoleh  berbagai macam informasi, sehingga informasi harus disaring untuk mendapatkan informasi yang tepat dan relevan.
Teknologi Informasi dan Komunikasi, TIK (bahasa Inggris: Information and Communication Technologies; ICT) adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan.
Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Dalam dunia bisnis Teknologi Informasi dan Komunikasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce. E-Commerce adalah perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet. Sedangkan dalam dunia perbankan Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan Internet Banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui Internet Banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening.

KAJIAN TEORI
E-Commerce dalam Komunikasi Bisnis
Secara umum, e-commerce dapat didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan atau perniagaan barang dan jasa dengan menggunakan media elektronik. Di dalam e-commerce, para pihak yang melakukan kegiatan perdagangan / perniagaan hanya berhubungan melalui suatu jaringan publik (public network) yang dalam perkembangan terakhir menggunakan media internet.
Sistem E-commerce dapat diklasifikasikan kedalam tiga tipe aplikasi, yaitu :
a. Electronic Markets (EMs), yaitu sebuah sarana yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk melakukan atau menyajikan penawaran dalam sebuah segmen pasar, sehingga pembeli dapat membandingkan berbagai macam harga yang ditawarkan. Dalam pengertian lain, EMs adalah sebuah sistem informasi antar organisasi yang menyediakan fasilitas-fasilitas bagi para penjual dan pembeli untuk bertukar informasi tentang harga dan produk yang ditawarkan.
b. Elektronic Data Interchange (EDI), adalah sarana untuk mengefisienkan pertukaran data transaksi-transaksi regular yang berulang dalam jumlah besar antara organisasi-organisasi komersial. Secara formal, EDI didefinisikan oleh International Data Exchabge Association (IDEA) sebagai “transfer data terstruktur dengan format standard yang telah disepakati, yang dilakukan dari satu sistem komputer ke sistem komputer lain dengan menggunakan media elektronik”. EDI sangat luas penggunaaanya, biasanya digunakan oleh kelompok retail besar, ketika melakukan transaksi bisnis dengan para supplier mereka. EDI memiliki standarisasi pengkodean transaksi perdagangan, sehingga organisasi komersial tersebut dapat berkomunikasi secara langsung dari satu sistem komputer ke sistem komputer yang lain, tanpa memerlukan hardcopy atau faktur, sehingga terhindar dari penundaan, kesalahan yang tidak disengaja dalam penanganan berkas dan intervensi dari manusia.
c. Internet Commerce, adalah penggunaan internet yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk aktivitas perdagangan. Kegiatan komersial ini, seperti iklan dalam penjualan produk dan jasa. Transaksi yang dapat dilakukan di internet, antara lain pemesanan/pembelian barang dimana barang akan dikirimkan melalui pos atau sarana lain setelah uang ditransfer ke rekening penjual.

Bisnis dan Komunikasi
Ditinjau dari aspek bisnis, organisasi adalah sarana manajemen (dilihat dari aspek kegiatannya). Korelasi antara Ilmu Komunikasi dengan Organisasi terletak pada peninjauannya yang berfokus kepada manusia-manusia yang terlibat dalam mencapai tujuan.
Dalam lingkup organisasi, tujuan utama komunikasi adalah memperbaiki organisasi, yang ditafsirkan sebagai upaya yang dilakukan untuk mencapai tujuan-tujuan manajemen. Komunikasi organisasi terjadi setiap saat. Dan dapat didefinisikan sebagai pertunjukan dan penafsiran pesan di antara unit-unit komunikasi yang merupakan bagian dari suatu organisasi. Suatu organisasi terdiri dari unit-unit komunikasi dalam hubungan hierarchies antara satu dengan lainnya dan berfungsi dalam suatu lingkungan.
ULASAN
Komunikasi Bisnis yang efektif diperlukan oleh semua organisasi bisnis dalam upaya mencapai tujuannya. Organisasi bisnis yang produktif ditunjang oleh penguasaan komunikasi bisnis para anggota organisasinya, baik penguasaan komunikasi verbal (lisan dan tulisan), maupun komunikasi non-verbal. Fakta empiris dalam dunia organisasi menunjukkan bahwa sebagain besar anggota organisasi melakukan pekerjaannya dengan melakukan komunikasi.
Dalam kehidupan organisasi bisnis, keberadaan tim kerja semakin populer. Banyak perusahaan dari berbagai industri menerapkan konsep tim kerja dalam melakukan aktifitasnya. Pemakaian tim kerja diyakini banyak pimpinan perusahaan akan lebih efektif, dibandingkan penyelesaian aktifitas secara individual. Pemakaian tim kerja diharapkan dapat menciptakan sinergi yang positif. Penjumlahan aggota dalam tim akan memungkinkan menghasilkan output yang lebih besar dibandingkan output total yang dikerjakan oleh masing-masing individu. Tidak peduli seberapa berbakatnya seseorang, betapapun unggulnya sebuah tim atau seberapapun kuatnya kasus hukum, keberhasilan tidak akan diperoleh tanpa penguasaan keterampilan komunikasi yang efektif. Keterampilan melakukan komunikasi yang efektif akan berperan besar dalam mendukung pencapaian tujuan dari seluruh aktivitas. Untuk dapat melakukan komunikasi yang efektif, maka kemampuan untuk mengirimkan pesan atau informasi yang baik, kemampuan untuk menjadi pendengar yang baik, serta keterampilan menggunakan berbagai media atau alat audio visual merupakan bagian yang sangat penting.
Hasil Evaluasi
Saya berkesimpulan bahwa aspek bisnis sekarang ini sangat berkaitan dengan aspek pemanfaatan teknologi informasi agar tujuan dari adanya bisnis, yaitu keuntungan yang maksimal bisa didapatkan dengan menggunakan teknologi informasi dan salah satu contohnya adalah dengan menggunakan aspek e-commerce yaitu berbisnis via media elektronik atau bisa saya contohkan melalui internet. Komunikasi juga merupakan faktor penting dalam berbisnis demi tercapainya keselarasan kerja sama yang baik dalam berbisnis dan teknologi informasi pun hadir disini menawarkan kemudahan berkomunikasi antar anggota contohnya dalam suatu perusahaan dengan menggunakan sarana audio visual atau rapat via satelit bagi anggota bisnis yang sedang tidak dapat menghadiri rapat karena sedang di luar kota ataupun di luar negeri, jadi aspek bisnis dan teknologi informasi sekarang ini sangat berpengaruh demi tercapainya keuntungan yang maksimal bagi suatu organisasi yang menjalankan suatu usaha atau bisnis.
PENUTUP
Teknologi informasi telah dimanfaatkan oleh sebagian manusia yang dapat melihat peluang bisnis dari teknologi tersebut. Pengaruh dan peranan teknologi informasi secara tidak langsung telah membuat bisnis online berkembang. Karena dengan teknologi ini, kita dapat mengembangkan bisnis e-commerce sehingga dapat melakukan bisnis dengan lebih efisien. E-commerce mempermudah pebisnis dan juga pelanggan dalam melakukan penawaran dan transaksi jual beli.

REFERENSI
diakses pada : 14 Oktober 2015
diakses pada : 14 Oktober 2015

diakses pada : 14 Oktober 2015

Rabu, 29 April 2015

Artificial Intelligence pada Game

 Kelompok 10


NAMA : 

ILHAM SAPUTRA ------ 53412616

LIA AULIA SUSANTI ----- 54412186
http://lhiasusan20.blogspot.com/

MUHAMMAD SYAWALLUDDIN ------ 55412108

RIZKY HERPURWADI ----- 56412608


Artificial Intelligence pada Game

Game AI adalah aplikasi untuk memodelkan karakter yang terlibat dalam permainan baik sebagai lawan, ataupun karakter pendukung yang merupakan bagian dari permainan tetapi tidak ikut bermain (NPC = Non Playable Character). Peranan kecerdasan buatan dalam hal interaksi pemain dengan permainan adalah pada penggunaan interaksi yang bersifat alami yaitu yang biasa digunakan menusia untuk berinteraksi dengan sesama manusia. Contoh media interaksi ialah:
Penglihatan (vision)
Suara (voice), ucapan (speech)
Gerakan anggota badan ( gesture)
Untuk pembentukan Artificial Intelligence pada game ternyata digunakan pula algoritma, yaitu jenis pohon n-ary untuk suatu struktur. Implementasi pohon (tree) ini biasa disebut game tree. Berdasarkan game tree inilah sebuah game disusun algoritma kecerdasan buatannya. Artificial intellegence yang disematkan dalam sebuah game yang membentuk analisis game tree biasanya merepresentasikan kondisi atau posisi permainan dari game sebagai suatu node, dan merepresentasikan langkah yang mungkin dilakukan sebagai sisi berarah yang menghubungkan node kondisi tersebut ke anak (child) sebagaimana representasi suatu pohon (tree).
Namun, biasanya representasi langsung tersebut mempunyai kelemahan, yaitu representasi data pohon akan menjadi sangat lebar dan banyak. Mungkin bagi sebuah mesin komputer mampu melakukan kalkulasi sebanyak apapun masalah, namun game tree yang lebar dan besar memberikan beberapa masalah, antara lain konsumsi proses memori, kapasitas penyimpanan yang cukup besar dan kinerja yang kurang pada konsol game berspesifikasi rendah. Karena itu dibentuklah beberapa algoritma dan penyederhanaan bagi sebuah game tree.
Pada salah satu contoh game klasik, yaitu tic tac toe, penyederhanaan dapat dilakukan dengan berbagai metode. Salah satu diantaranya adalah minimax. Metode ini berhasil diterapkan dan memberikan nilai reduksi yang cukup signifikan. Dan tidak hanya bisa digunakan secara monoton, minimax juga bisa digunakan untuk game-game yang lebih rumit seperti catur, tentunya dengan algoritma dan representasi berbeda.
Minimax yang merupakan salah satu metode penerapan (implementasi) pohon n-ary pada suatu game, menandakan bahwa implementasi struktur (pohon khusunya) sangatlah diperlukan pada pembuatan dan penerapan Artificial Intelligence, dan tidak menutup kemungkinan ilmu dan metode baru yang lebih canggih akan ditemukan di masa depan.

Mengetahui bagaimana untuk mendapatkan dari titik A ke titik B adalah sesuatu yang banyak game membutuhkan. Apakah Anda sedang merancang sebuah turn-based dalam taktik strategi RPG atau permainan puzzle sederhana, navigasi dunia permainan Anda sering membutuhkan kecerdasan lebih dari karakter permainan Anda dari sekedar menunjuk ke arah tujuan dan bergerak dalam garis lurus.
Anda tidak ingin unit dalam permainan Anda berjalan melalui dinding. Pemain juga akan mengizinkan unit untuk bertemu dinding dan terjebak ketika jalan di sekitar hambatan terlihat jelas. Tidak ada yang lebih frustrasi daripada unit waktu nyata strategi permainan tidak mampu untuk membuat jalan mereka ke lokasi target.
Di sinilah algoritma pathfinding datang. Perintis adalah blok bangunan dasar dari sebagian besar permainan AI (kecerdasan buatan), dan dengan sedikit bantuan dari kode yang tepat permainan Anda akan jauh lebih pintar untuk itu.
Untuk sampai ke tujuan mereka, entitas permainan Anda mungkin harus berjalan sekitar hambatan, menemukan jalan mereka meskipun labirin penjara atau berkeliling jalan-jalan kota. Hal ini tidak cukup untuk akhirnya tiba di tempat tujuan melalui beberapa jalur putus asa memutar - rute yang mereka ambil harus mungkin rute terpendek.
Memecahkan masalah ini bukan tugas sepele, tapi itu adalah layak usaha. Musuh yang memilih dengan bijak sering dapat muncul hampir cerdas. Pemain Anda akan menghargai bahwa hal "hanya bekerja" dan akan dapat fokus pada strategi dan taktik bukannya mencemaskan memiliki mengasuh rusak AI.
Metode standar yang mayoritas game digunakan untuk merintis jalan disebut A *, yang diucapkan "bintang".
Asal Usul Perintis AI: Algoritma Dijkstra
Pada tahun lima puluhan, seorang ahli matematika bernama Edsger Dijkstra bekerja metode untuk menghitung rute yang efisien yang dapat diterapkan untuk setiap situasi hypethetical membutuhkan pilihan otomatis antara banyak langkah mungkin.

Hal ini sering digunakan dalam contoh truk pergi dari stop untuk menghentikan jarak jauh, ketika pengiriman harus dijemput dari berbagai lokasi di sepanjang jalan. Memilih rute yang paling efisien akan menghemat uang.
Animasi di atas adalah contoh khas dalam tindakan. Perhatikan bahwa setiap node tidak diatur pada grid permainan seperti tapi bisa jika kita ingin. Ini adalah contoh sempurna dari apa yang ingin kita lakukan: kita menambahkan "biaya" dari setiap rute dan memilih salah satu yang biaya sedikit. Biaya, dalam hal permainan merintis jalan, adalah jarak yang ditempuh.
Jika Anda menonton animasi di atas, Anda akan melihat bahwa setiap kali kita sampai pada node baru di sepanjang jalan, kami menambahkan biaya setiap kemungkinan rute dari sana dan melanjutkan ke salah satu yang biaya sedikit.
Masalah Dengan Algoritma Dijkstra
Algoritma Dijkstra karya besar, tetapi memiliki kelemahan yang naif dilaksanakan - itu tidak menggunakan heuristik khusus untuk memilih calon yang paling mungkin pertama, sehingga solusinya hanya diketahui setelah setiap lokasi yang mungkin diuji.

Dalam animasi di atas, Anda dapat melihat bahwa setiap "sel" atau "node" dalam grafik sedang diuji. Tiba di hasil yang tepat, tetapi programmer komputer di Anda mungkin berpikir, "perlu dioptimalkan!"
A-Bintang merintis jalan untuk menyelamatkan!
Sebuah bintang adalah versi lebih cepat dan lebih efisien dari algoritma Dijkstra. WikiPedia mendefinisikan A-bintang sebagai "best-pertama, grafik algoritma pencarian yang menemukan jalur penerbangan setidaknya dari node awal yang diberikan ke satu node tujuan".
Dengan kata lain, A-bintang melintasi grafik simpul (koleksi poin dalam ruang yang terhubung) dan menemukan jalan yang biaya sedikit (adalah terpendek) tanpa harus mengunjungi setiap node tunggal di seluruh grafik. Dalam kasus videgame, ini "simpul grafik" adalah dunia permainan; peta unit kami bergerak di sekitar.
Dalam animasi di atas, Anda dapat melihat bahwa dunia game yang sama disajikan seperti yang terlihat pada contoh Dijkstra sebelumnya, tapi kali ini lebih sedikit node diperiksa. Hasil ini heuristik mengoptimalkan adalah bahwa fungsi akan berjalan lebih cepat. Dalam game, ini selalu preferrable.
Gamedevs Cinta Optimization
Dengan beberapa optimasi yang lebih, kita bisa berbuat lebih banyak lagi menebak dan karena itu melakukan perhitungan lebih sedikit. Dengan menetapkan bobot untuk node yang dikunjungi sepanjang jalan, kita bisa memprediksi arah kita harus mencoba berikutnya.
Apa yang kita maksud dengan ini, adalah bahwa dengan menggunakan beberapa heuristik yang lebih agresif, kita dapat memprediksi apa arah yang paling mungkin terbaik untuk memindahkan adalah dan mencobanya pertama.

Dalam animasi di atas kita melihat contoh yang sangat efisien algoritma Bintang-yang mencoba untuk menebak rute terbaik sepanjang jalan bukannya mulai dari awal setiap kali rute tersebut akan diblokir.Lebih geometri yang kompleks akan membuat ini kurang jelas, tapi secara keseluruhan Anda dapat melihat bahwa ini adalah cara yang baik untuk melanjutkan.
Ini adalah apa yang paling dibutuhkan game untuk musuh mereka AI. Kemampuan untuk menemukan rute terpendek dari titik A ke titik B, dan mesin permainan yang bisa menghitung ini cukup cepat untuk berjalan lancar.



Sumber :


Kamis, 12 Maret 2015

Akibat dari tidak adanya batasan dalam pembuatan account dan penggunaan Media Sosial


 Kelompok 10

NAMA : 

ILHAM SAPUTRA ------ 53412616

LIA AULIA SUSANTI ----- 54412186

MUHAMMAD SYAWALLUDDIN ------ 55412108

RIZKY HERPURWADI ----- 56412608
Media Sosial (Med’Sos), Menurut pendapat saya, dengan majunya perkembangan Teknologi khususnya dalam media sosial kini menjadikan kita dapat mengarungi semua situs tanpa batas, salah satunya disini saya akan menyinggung terhadap penggunaan Med’Sos itu sendiri, kita telah paham dari berapa media sosial kini sudah dapat diakses bebas, baik dalam pembuatan ID dan Penggunaannya, meski dalam pembuatan ada batasan umur/ identitas diri, disini dirasa kurang, karena semua ini dapat dimanipulasi oleh si oknum dan pelaku yang tidak bertanggung jawab terhadap ID tersebut dengan adanya kebebasan tersebut menjadikan, anak usia dini dan remaja yang masih muda dapat membuatnya dan menjadikan prilaku mereka yang sedikit banyak membuat berbeda seperti anak-anak pada umumnya. Dan kini juga sudah ada RUU ITE yang mengatur semua hal-hal yang mengatur aturan dalam pembuatan dan Med’Sos tersebut, namun dirasa kurang cukup apa bila dalam pembuatan ID masih bisa dimanipulasi oleh orang tak bertanggung jawab.

SUMBER : 


UNIVERSITAS GUNADARMA :








Kamis, 20 November 2014

TUGAS AKHIR membuat 3D Modeling sederhana gelas


Pengertian, Penjelasan dan menganalisa sebuah aplikasi FreeCad 3D Modelling




            NAMA            : RIZKY HERPURWADI
            NPM               : 56412608
            KELAS           : 3IA13  '2012'
            MatKul            : Desain Pemodelan Grafik # (DPG#)
           
            Disini saya akan menjelaskan sebuah aplikasi 3D modeling yang memang belum peranah saya dengar sebelumnya, yaitu FREECAD. Untuk lebih lanjut bisa kita lanjut di bawah ini.
            Menurut saya, kenapa ada aplikasi FRECAD ini, setelah saya coba baca beberapa referensi dari blogger orang, aplikasi ini dibuat karena untuk pembuatan 3DModeling baik animasi/ bentuk 3D yang biasa digunakan oleh orang-orang disainer. FREECAD ini merupakan turunan dari aplikasi yang sebelumnya pernah ada yaitu AUTOCAD, kita tau autocad ini merupakan aplikasi yang berbayar dan tidak free, sudah jelas pasti barang yang tidak free memiliki fasilitas yang terbatas karena tidak memiliki kebebasan dalam penggunaannya. Untuk lebih jelasnya kita baca penjelasan dibawah ini yuk..

            >>>> Penjelasan dan Pengertian <<<<
                FREECAD adalah "Sebuah aplikasi open source untuk membuat pemodelan pada 3D CAD / MCAD / CAX / CAE / PLM."
            Aplikasi FreeCad ini ditujukan langsung bagi para teknik mesin dan juga para desainer produk, namun secara keselurauhan aplikasi ini juga bisa dipergunakan untuk "Proses rekayasa yang lebih luas seperti pada perancangan arsitektur atau pada spesialisasi teknik lainnya." Aplikasi FreeCAD Ini adalah "Fitur berbasis parametrik modeler dengan arsitektur perangkat lunak modular yang membuatnya mudah untuk dipergunakan."
            Aplikasi FreeCAD ini merupakan salah satu aplikasi open source terbaik yang dirancang dan didesain mengunakan OpenCasCade, yaitu "Sebuah kernel geometri yang kuat dilengkapi dengan Inventor-compliant sebuahmodel representasi Terbuka 3D yang disediakan oleh perpustakaan (library) dari Coin 3D, dan juga menggunakan API (Application Programming Interface) dari."
             Desain tampilan Antarmuka ini dibangun dengan Qt. FreeCAD sehingga dapat berjalan pada berbagai macam platform sistem operasi seperti pada Windows, Mac OSX dan Linux.

Berikut ini adalah beberapa fitur atau keunggulan yaitu sebagai berikut ini:
·                     Dilengkapi dengan dukungan penuh dari kernel OpenCasCade-based geometry yang akan membantu untuk menyelesaikan berbagai macam operasi kompleks, dan juga sebuah konsep seperti operasi like brep, nurbs, booleans operations maupun fillets.
·                     Dilengkapi dengan sebuah arsitektur modular yang memungkinkan sebuah plugin (modul) untuk menambahkan fungsionalitas ke aplikasi. Ektensi atau modul tersebutdapat berupa aplikasi baru atau sebuah aplikasi yang sederhana seperti script python atau self-recorded macros.
·                     Sebuah model parametrik penuh yang memungkinkan semua jenis objek parameter, kustomisasi objek yang dapat sepenuhnya diprogram di python Complete access from python built-in interpreter, macros or external scripts to almost any part of FreeCAD, being geometry creation and transformation, the 2D or 3D representation of that geometry (scenegraph) or even the FreeCAD interface.
·                     Dilengkapi dengan akses lengkap dan penuh dari python built-in interpreter, macro atau script eksternal untuk hampir semua ada pada dan dari aplikasi FreeCAD yang akan menciptakan sebuah transformasi geometri, representasi 2D atau 3D geometri (scenegraph) atau bahkan untuk antarmuka FreeCAD itu sendiri.
·         Dapat melakukan proses ekspor maupun impor ke berbagai macam format file standar seperti format file STEP, IGES, OBJ, DXF, SVG, U3D maupun STL.

Fitur dalam pross perancangan pemodelan objek
·                     Sebuah Sketcher yang dilengkapi dengan fungsi constraint-solver, yang memungkinkan pengguna untuk membuat sebuah sketsa geometri dalam bentuk bentuk 2D. Sketsa ini memungkinkan Anda untuk membangun beberapa jenis geomerty yang khusus tanpa dibatasi, dan menggunakannya sebagai dasar untuk membangun sebuah objek lainnya emnggunakan aplikasi FreeCAD.
·                     Fitur modul Drawing Sheets akan memungkinkan pengguna untuk dapat menempatkan tampilan 2D dari model 3D yang telahdibuat pada sebuah lemnbar kerja. Hal ini kemudian akan menghasilkan sebuah modul yang siap untuk diekspor menjadi sebuah format file SVG maupun menjadi jenis PDF. Modul ini masih jarang ditemukan tetapi fitur ini sudah dilengkapi dengan fungsi python yang cukup kuat.
·                     Sebuah fitur modul robot simulation akan memungkinkan Anda sebagai pengguna untuk mempelajari sebuah pergerakan pada robot (robot movements). Modul robot ini sudah ditambahakan pada tampilan tampilan grafis (GUI) dalam bentuk GUI-only workflow
·                     Modul Rendering yang dapat mengekspor objek 3D untuk dapat melakukan proses rendering menggunakan renderers eksternal. Untuk saat ini aplikasi FreeCAD ini hanya mendukung Povray, namun untuk kedepannya diharapkan akan diperluas dan dikembangkan ke renderers lain pada setiap versi terbarunya dari aplikasi FreeCAD.
·                     Sebuah modul Arsitektur yang memungkinkan BIM-like workflow yang disertai juga dengan kompatibilitas IFC yaitu untuk pembuatan modul Arch.

            Nah barusan sudah saya jabarkan dan jelaskan isi dari apa itu aplikasi freecad itu, kemudian fitur-fiturnya. Untuk selanjutnya saya akan memberi tahu spesifikasi seperti apa sii komputer yang bisa kita gunakan untuk desain modeling lihat dibawah ini.

Spesifikasi kebutuhan minimum dari aplikasi FreeCAD adalah sebagai berikut ini
·         Sistem operasi: Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7, Mac, Linux Ubuntu
·         RAM minimum: 512 MB tapi kalaw bisa 1Gb lah kasihan komputernya
·         Hardisk kosong: 200 Mb Kosong atau lebih

Jika memang tertarik dengan aplikasi ini bisa di download di link yang ada dibawah sini yah :
·          [FreeCAD untuk Windows ] (https://sourceforge.net/projects/free-cad/files/FreeCADWindows/FreeCAD 0.13/ "Download For Windows")
·         FreeCAD untuk Linux Ubuntu


            Jika sudah mendownload dan menginstall aplikasi FreeCadnya bisa kalian lanjutkan dengan cara pembuatan sebuah objek. Kebetulan juga saya menemukan beberapa tutorial/ panduan/ langkah-langah cara membuat objek tersebut bisa baca artikelnya dibawah ini.
            Pada situs Sourceforge yang menyediakan beberapa tutorial untuk menggunakan FreeCAD, dan ada beberapa tools juga yang dapat diikuti;



FreeCAD – Drawing Object Tools
Beberapa tools yang berfungsi sebagai alat untuk membentuk objek antara lain:

  • 2-point Line: Fitur untuk membuat garis dari 2 titik (garis lurus)
  • Wire (multiple-point line): Fitur untuk membuat garis dari beberapa titik segmen
  • Circle: Untuk membuat bentuk lingkaran / bulat secara presisi
  • Arc: Untuk membuat lingkaran oval tidak penuh (lingkaran tidak tertutup)
  • Rectangle: Untuk membuat bentuk kotak / persegi
  • Polygon: Untuk membuat polygon (istilah yang digunakan dalam dunia 3D untuk menamai bidang)
  • BSpline: Untuk membuat BSpline dari beberapa bidang
  • Text: Untuk membuat teks
  • Dimension: Untuk membuat dimensi


Fitur :
  • Sebuah lengkap CASCADE Teknologi Buka
  • Sebuah arsitektur modular
  • Sebuah penuh model parametric
  • Lengkap akses dari Python interpreter built-in, makro atau script
  • Impor / ekspor ke format standar seperti IGES , OBJ , DXF , SVG , STL , DAE , IFC atau OFF
  • Sebuah Sketcher dengan kendala-solver
  • Sebuah simulasi Robot modul

Berikut ini contoh-contoh project yang sudah jadi :






           
            >>> ANALISA dan KESIMPULAN dari aplikasi FREECAD <<<
1.      FreeCAD memiliki  tujuan umum yaitu 3D CAD modeler.
2.      Pengembangan ini sepenuhnya Open Source (GPL & LGPL License). 
3.      FreeCAD ditujukan langsung pada teknik mesin dan desain produk tetapi juga cocok dalam jangkauan yang lebih luas menggunakan seluruh teknik, seperti arsitektur atau spesialisasi teknik lainnya.
4.      FreeCAD memiliki alat serupa dengan CatiaSolidWorks atau Solid Edge, dan karena itu juga jatuh ke dalam kategori MCAD ,PLM , CAX dan CAE . Ini akan menjadi fitur berbasis parametrik modeler dengan arsitektur perangkat lunak modular yang membuatnya mudah untuk menyediakan fungsionalitas tambahan tanpa memodifikasi sistem inti.
            Seperti banyak yang modern 3D CAD pemodel memiliki komponen 2D banyak dalam rangka membuat sketsa bentuk 2D atau mengekstrak desain detail dari model 3D untuk membuat gambar produksi 2D, tapi gambar 2D langsung (seperti AutoCAD LT ) tidak fokus, begitu pula dengan animasi atau organik bentuk (seperti Maya , 3ds Max , Blender atau Cinema 4D ), meskipun, berkat kemampuan beradaptasi luas, FreeCAD mungkin menjadi berguna dalam area yang lebih luas daripada fokus saat ini.
Keprihatinan utama dari FreeCAD adalah "Untuk menggunakan berat dari semua besar open source perpustakaan yang ada diluar sana dibidang Scientific Computing.           
            Diantara adalah OpenCascade, sebuah kernel CAD kuat, Coin3D, inkarnasi OpenInventorQt, yang terkenal di dunia UI framework, dan Python , salah satu bahasa script terbaik yang tersedia. FreeCAD itu sendiri juga dapat digunakan sebagai perpustakaan oleh program lain.
            FreeCAD ini juga sepenuhnya multi-platform , dan saat ini berjalan lancar pada Windows dan Linux / Unix dan Mac OSX sistem, dengan tampilan yang sama persis dan fungsionalitas pada semua platform.


SUMBER :
Tanggal Akses 19 November 2014 18:19 wib
http://m.portal.paseban.com/?mod=content&act=read&id=50922
http://hardyfu.blogspot.com/2012/06/freecad-software-3d-gratis-pesaing.html
http://sourceforge.net/projects/free-cad/