Jumat, 18 Maret 2016

Analisa Kecil Tentang WebSite Telkom

Nama              : Rizky Herpurwadi                              Kelas               : 4IA13
NPM                : 56412608                                          Jurusan          : Teknik Informatika
Mata Kuliah   : Pengantar Komputasi Modern    Judul            : Analisa WebSite Telkom

            Dengan semakin canggihnya teknologi membuat saya menjadi ingin tahu cara membuat teknologi yang menurut saya canggih. Disini saya akan mencoba menganalisa dari sisi WebSite Telekomunikasi yang dimiliki perusahaan BUMN yaitu Telkom Indonesia. Mungkin menurut sebagian orang WebSite ini biasa saja, tapi menurut saya ada beberapa kecanggihan teknologi yg terdapat pada WebSite Telkom Indonesia, maka dari itu saya akan memulai menganalisa :
  1.      Identity ( Identitas dari sebuah web harus jelas )
Pada WebSite Telkom Indonesia sangat jelas, dimana ada logo serta tulisan yang menjadikan ini identitas sebuah perusahaan. Serta di bawah tulisan Logo terdapat selogan perusahaan sehingga lebih membuat keyakinan bahwa WebSite ini dengan kebenarannya milik Telkom.
Nb : Kesimpulannya WebSite Telkom Indonesia memiliki Identity yang jelas.


2 2.      Flexibility ( Fleksibel dalam hal bahasa )

Pada WebSite Telkom memiliki pilihan bahasa dimana dapat di lihat pada sebelah kanan atas bagian header website. Pada WebSite tersebut memiliki bahasa INDONESIA dan Bahasa INGGRIS, jadi pengunjung website ini bukan saja orang indonesia, namun orang asing dapat menggunakan website ini.
Nb : Kesimpulannya Website Telkom Indonesia ini bersifat Flexibiltas dimana memiliki 2 bahasa


3 3.      Historical traffic trends
Kemudian jika dilihat dari sisi seberapa seringkah penggunjung WebSite Telkom Indonesia untuk melihat dan mencari informasi, disini saya menggunakan aplikasi tambahan yang berada di website yaitu http://www.alexa.com/comparison/telkom.co.id?postLogin=1#? Jika dilihat lumayan banyak pengunjung website telkom pada bulan maret 2016 ini mencapai 17,647 viewer meski pada bulan januari sempat turun viewernya, berikut grafik nya :
Nb : Jadi Kesimpulannya Website Telkom mengalami penurunan viewer dalam 2 bulan terakhir.





   4.      Responsiveness
Pada WebSite Telkom memiliki fitur yang sudah sangat responsif dimana setiap tombol navigasi fiturnya sudah mewakili halaman dan tampilan apa yang user inginkan dari tombol navigasi tersebut. Sepertihalnya Home, Registrasi, Login.
Nb : Kesimpulannya adalah WebSite Telkom memiliki fitur yang sangat responsive.

5.      Sisi Kecanggihan Dari Website ini adalah fitur T-Connet ( Telkom Connect ) dimana tombol navigasi ini terdapat pada sebelah kanan tampilan. Fitur ini yang saya rasakan dan alami dapat masuk kedalam infomasi tagihan billing bulanan telepon ataupun Internet dengan koneksi Jaringan Telkom Itu sendiri.
Jadi untuk penggunaannya Saya menggunakan web browser pc atau hp saya dimana Device ini sudah terkoneksi dengan jaringan Internet layanan telkom dan saat saya masuk kedalam website saya cukup memasukan user id dan pasword pertama dan nantinya akan ditanya akan kebenaran data diri. Jika Setuju, maka seterusnya jika menggunakan pc di rumah dan terkoneksi internet di rumah kita tidak akan di mintai lagi user dan password untuk login, krn sudah menarik dari no. Pelanggan internet yang saya gunakan di rumah.

Jadi Kesimpulan dari Keseluruhan analisa, WebSite Telkom ini memiliki kelebihan yang lebih baik yaitu dengan adanya fitur T-Connect terhadapa billing tanpa harus login terus setiap masuk website, cukup mendeteksi bahwa device ini terkoneksi dengan jaringan layanan telkom itu sendiri dan membaca no. Id pelanggan.
Dan kekurangan dari website ini adalah Suka terjadi request time out di akibatkan padatnya trafik mungkin, dan suka terjadi gagal masuk terhadap fitur T-Connectnya, ( mungkin akan menjadi masukkan juga untuk Telkom )

Terima Kasih kepada pihak yang terlibat dalam penulisan ini ya itu PT. Telkom Indonesia Dimana tugas saya hanya menganalisa sedikit akan kecanggihan fitur yang terdapat pada website, namun, jika ada kesalahan dalam analisa mohon di maafkan dan beri komentar yang pada penulisan saya.
Dan sekali lagi ini berdasarkan pengalaman saya yang telah menggunakan layanan ISP TELKOM INDONESIA Selama 1 tahun.

Sekian Terima Kasih

0 komentar:

Posting Komentar